DUDUK DI KANTOR TANPA PEGAL DENGAN 5 TIPS POSISI DUDUK YANG BENAR!

Artikel

Duduk di Kantor Tanpa Pegal dengan 5 Tips Posisi Duduk yang Benar!

Duduk di Kantor Tanpa Pegal dengan 5 Tips Posisi Duduk yang Benar!

Pernahkah kamu merasa saat bekerja di kantor, punggung dan lehermu terasa pegal? Bisa jadi, kamu tidak menggunakan posisi duduk yang benar. Posisi duduk yang benar sangat memengaruhi kinerjamu saat mengerjakan banyak tugas di kantor. Jika salah posisi, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tulang punggung dan pinggulmu.

Apabila tubuh dalam posisi duduk yang benar khususnya di depan komputer, dijamin tubuh cukup kuat untuk berlama-lama duduk tanpa merasa pegal. Nah, bagaimana caranya supaya bisa bekerja di kantor dengan posisi duduk yang benar? Yuk, kita simak tipsnya di bawah ini!

Sandarkan punggung sesuai dengan lekuk sandaran kursi

posisi duduk yang benar saat di depan komputershutterstock.com

Duduk dengan tegak 90 derajat sebenarnya tidak salah, tetapi posisi duduk ini tidak mampu bertahan cukup lama. Posisi duduk yang benar adalah dengan menyandarkan punggungmu sesuai dengan lekuk sandaran kursi. Tak disangka, posisi duduk yang benar ini justru mengurangi tekanan pada punggung dan pinggang. Selain itu, tubuhmu tidak terlalu berat menopang berat badan. Namun yang perlu kamu ingat, jangan sampai sandaran terlalu rendah sehingga makin mengganggu aktivitasmu.

Sesuaikan kursi dengan ketinggian meja dan peletakan tangan

seorang wanita sedang mengetik pada posisi duduk yang benarshutterstock.com

Seringkali, kita mengatur kursi kerja dengan acuan kedua kaki bisa menyentuh lantai. Namun dalam mengatur posisi duduk yang benar saat mengetik pekerjaan di laptop atau komputer, pastikan lengan kita harus terletak di atas meja. Tinggikan kursi dan pastikan kedua tanganmu mampu mengetik pada posisi garis yang sejajar dengan laptop atau komputer.

Posisi duduk yang benar tidak hanya mengenai posisi punggung atau pinggul. Pastikan juga tiap siku tangan berada di sisi kiri-kanan tubuh, tak boleh menggantung tanpa penyangga, dan tak boleh mengambang terlalu tinggi. Hal ini dilakukan supaya saraf tangan tidak terganggu dan lengan tidak pegal. Jika kamu kurang suka posisi kaki yang mengambang, gunakan pijakan tambahan seperti stool demi bekerja dalam posisi duduk yang benar.

Jangan gunakan meja berlaci

meja kerja berlaci warna kuning dengan kursi putihshutterstock.com

Penggunaan meja berlaci akan menghalangimu menggunakan posisi duduk yang benar. Jika kamu mengikuti cara posisi duduk yang benar sebelumnya, jarak antara kaki dan meja akan hanya beberapa sentimeter saja. Jika kamu menggunakan meja berlaci, lututmu tentu akan terbentur dan posisi dudukmu kurang nyaman.

Kehadiran laci memang berguna untuk menyimpan barang-barang yang sering kamu pakai di meja kerja. Namun, ada baiknya bila kamu menggunakan laci yang bisa diletakkan di atas meja atau lemari arsip kecil yang bisa ditaruh di samping meja. Barang tersimpan rapi dan kamu pun bisa bekerja dengan posisi duduk yang benar.

Jangan meletakkan komputer terlalu jauh dari tempat duduk

seorang wanita bekerja di depan komputer dan pria bekerja di depan laptopshutterstock.com

Setelah melakukan ketiga teknik posisi duduk yang benar di atas, kamu harus meletakkan komputer atau laptop dan mouse dalam posisi yang tidak terlalu jauh atau dekat. Apabila terlalu jauh, badanmu akan mendekat ke arah laptop, tanpa mempertahankan posisi duduk yang benar. Apabila terlalu dekat, radiasi cahaya komputer akan mengganggu kesehatan mata.

Berilah jarak antara layar komputer dengan matamu sekitar 50-100 cm dari posisi kamu duduk. Tarik keyboard sedekat dan senyaman mungkin. Lakukan hal yang sama pada laptop. Posisikan mouse sesuai dengan kenyamananmu tapi jangan terlalu jauh dan dekat dengan keyboard. Dengan begitu, kamu bisa bekerja lebih maksimal dengan posisi duduk yang benar.

Berdiri dan regangkan tubuh

empat pekerja kantor sedang meregangkan badanshutterstock.com

Meski kamu sudah menerapkan posisi duduk yang benar, terlalu banyak duduk bisa membuat aliran darah kurang lancar. Sesekali, berdirilah dari posisi duduk yang benar dan regangkan anggota badanmu dengan meluruskan tangan dan memutar kepala ke kiri dan kanan. Jika perlu, berjalan-jalan di kantormu yang berdesain apik juga bisa mengembalikan suasana hati dan mengurangi pegal pada tubuh.

Tak hanya itu saja, matamu juga butuh istirahat setelah melihat layar komputer dalam durasi yang lama. Setiap 15 menit, layangkan pandanganmu dari layar komputer dan lihatlah sesuatu sejauh 6 meter dalam durasi 1-2 menit. Jangan lupa untuk sering mengedipkan kelopak mata demi menjaga kelembapan mata.

Itulah cara menerapkan posisi duduk yang benar saat bekerja. Posisi duduk yang benar perlu kamu aplikasikan demi tubuh yang lebih sehat. Meski kamu bekerja pada posisi duduk yang benar, duduk terlalu lama juga kurang baik. Jadi, kamu perlu beristirahat dengan berdiri dan sedikit peregangan tubuh. Jangan lupa juga untuk mendukung kesehatan punggung dengan menerapkan gaya hidup sehat.

WHO ARE WE

 

Rani Mekaryanti

Building Relation Officer
(+62 21) 252 0414
(+62) 821 2389 2487
rani@newmanpearsons.com

Newman Pearsons International provides integrated services such as Property advisory, strategic planning, consultation and implementation of marketing and sales, property investment, and property management. We are committed to build a good partnership with all clients as a way to promote our service user satisfaction which will bring us one step ahead in the real estate business

OUR TEAM

null

Romy Taufik Hidayat

Property Consultant

 
null

Debby Angelia

Property Consultant

 
null

Rizki Ardya Garini

Property Consultant

 
null

Aprilia Azhari Dewi

Property Consultant

 
null

Sindi Rahma Erwanti

Property Consultant

 
 
null

Yulia Anggraini Putri

Service and Virtual Office Specialist