7 ALASAN SEWA KANTOR DI HONG KONG TERMAHAL DI DUNIA

Artikel

7 Alasan Sewa Kantor di Hong Kong Termahal di Dunia

7 Alasan Sewa Kantor di Hong Kong Termahal di Dunia

Hong Kong, kota di bagian tenggara Tiongkok ini tak sekadar menarik sebagai tempat belanja saja. Tetapi juga amat terkenal sebagai kota dengan perkembangan yang ekspansif. Tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi juga membuat kota di Pearl River Estuari ini menjadi kawasan dengan harga sewa kantor paling mahal di dunia.

Bahkan biaya hunian yang terdiri dari biaya sewa, biaya layanan, serta pajak, di kawasan pusat bisnis Hong Kong adalah 60% lebih mahal daripada Midtown New York, serta hampir 75% lebih mahal daripada West End London. Padahal tahun 2013 silam, West End London pernah menjadi kawasan termahal di dunia.

Apa Penyebab Sewa Kantor di Hong Kong Termahal?
Tak cuma beberapa tahun belakangan saja, banyak informasi menyebutkan bahwa harga sewa kantor di Hong Kong akan terus mengalami peningkatan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor yang membuat harga sewa kantor Hongkong jadi yang termahal adalah:

1. Lokasi yang terdesentralisasi
Akibat dari peningkatan harga sewa di kawasan Hong Kong Central, maka beberapa perusahaan mencari lokasi kantor yang lebih terjangkau di lokasi terdesentralisasi. Selain itu, Hong Kong dinilai menjadi pusat keuangan utama di Asia.

Hong Kong East dan Kowloon East merupakan dua daerah favorit sebagai alternatif tempat sewa kantor yang dinilai terdesentralisasi. Bahkan berdasarkan beberapa penelitian, sudah ada penyewa terkemuka yang telah pindah ke Hong Kong East, yaitu Ernst & Young dan Baker McKenzie.

Dulunya Hong Kong East dinilai sebagai lokasi back office untuk mendirikan kantor cabang. Namun sekarang Hong Kong East dinilai sebagai lokasi untuk kantor utama. Biaya hunian di Hong Kong East 64% lebih rendah daripada di Central, sedangkan biaya hunian di Kowloon East 76% lebih rendah daripada di Central.

Meskipun begitu, Central dinilai masih menjadi distrik keuangan paling penting, tapi harga kantor di Central cenderung naik. Hal ini dipicu karena lowongan di Central terbilang rendah. Karena harga hunian di Central yang cenderung meningkat, maka perusahaan mencari alternatif tempat sewa lain.

Sewa Kantor di Hong Kong

2. Masuk dalam lokasi kantor premium termahal di Asia
Jika dibuat list untuk peringkat lokasi yang jadi kawasan sewa kantor termahal di Asia, maka Hong Kong, Beijing, Shenzhen, dan Shanghai termasuk dalam 6 dari 10 pasar kantor premium termahal di Asia.

Lebih menarik lagi, Central yang merupakan kawasan termahal di Hong Kong juga merupakan kawasan perkantoran termahal di dunia. Harga sewanya mencapai 306 dolar AS atau setara dengan 4,38 juga permeter persegi. Peringkat ini didapat Hong Kong dari tahun 2015 hingga saat ini. Maka tak heran kan jika sewa kantor di Hong Kong termahal di dunia?

Baca Juga: Menakjubkan, Inilah 10 Kota dengan Harga Sewa Kantor Termahal di Dunia

3. Permintaan Konsumen
Konsumen, dalam hal ini adalah penyewa, khususnya yang bergerak di bidang keuangan, seperti perusahaan perbankan swasta, serta perusahaan dan investasi, menyewa ruang kantor premium. Hong Kong merupakan kawasan paling diincar selain juga Beijing, Shanghai, Tokyo, dan Singapura.

Para perusahaan tersebut menyewa ruang kantor di kawasan premium dengan alasan untuk menarik dan mempertahankan talenta top, sehingga membantu meningkatkan citra mereka.

4. Dianggap Sebagai Pusat Keuangan Dunia
Hong Kong telah mendapat cap sebagai salah satu pusat keuangan dunia. Hal ini tidak mengherankan, karena dilihat dari produk-produk di pasaran, produk China-lah yang sekarang sedang banyak menyebar dan menguasai pasar.

Akibatnya, perusahaan-perusahaan raksasa dunia diantaranya Tencent Holdings, Xiaomi Coproration, AIA, ICBC Bank, Ping An Insurance, China Mobile, hingga Petro China telah mencatatkan sahamnya di bursa saham Hong Kong.

5. Perkembangan Perusahaan China
Seperti yang telah diketahui, perusahaan China sekarang ini telah mengalami geliat perkembangan yang sangat signifikan. Karena geliat perkembangan tersebut, perusahaan China sudah banyak membangun gedung perkantoran di Hong Kong. Hal ini menyebabkan harga sewa kantor di Hong Kong menjadi naik pesat.

Hong Kong dinilai sebagai batu loncatan bagi perusahaan China untuk terlibat dalam dunia yang lebih luas. Akibatnya, perusahaan-perusahaan China di Hongkong semakin bertambah banyak. Bahkan jumlahnya telah melonjak hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan 20 tahun yang lalu.

6. Gerbang ke Daratan Tiongkok
Karena dianggap sebagai salah satu pusat keuangan dunia, serta jantung perekonomian Asia, maka perusahaan berlomba-lomba untuk masuk ke pasar China. Para perusahaan-perusahaan yang mempelajari perilaku konsumen masyarakat Tiongkok menganggap Hong Kong adalah gerbang ke daratan Tiongkok.

Bahkan MacDonald dari Oroton menyatakan bahwa sebuah perusahaan perlu membuka toko di Hong Kong terlebih dahulu agar bisa sukses di Shanghai. Tidak hanya itu, Debenhams Plc, waralaba pasaraya dari Inggris kabarnya juga pernah mengincar lokasi di Hong Kong. Hal tersebut merupakan wujud usaha dari perusahaan multinasional yang menargetkan untuk dapat memasuki pasar Singapura.

Kabar yang menyatakan bahwa Hong Kong merupakan gerbang ke daratan Tiongkok menjadikan Hong Kong banyak dibanjiri permintaan sewa kantor, sehingga harga sewa kantor di Hong Kong meroket.

7. Banyak Kantor Pusat di Hong Kong
Di Hong Kong, tepatnya di Central, Hong Kong, terdapat banyak perusahaan-perusahaan China. Perusahaan tersebut menempati ruang perkantoran Grade A dengan sejumlah fasilitas kelas atas dan desain terkini. Padahal biaya penempatan kantor kelas biasa di Central Hong Kong merupakan biaya termahal di kawasan Asia-Pasifik, yaitu sebesar US$ 338.

Akibat dari harganya yang melangit, banyak perusahaan terkemuka yang pindah ke Hong Kong East, karena harga sewanya yang relatif stabil, yaitu  berkisar US$ 122.

Melihat tujuh alasan sewa kantor di Hong Kong di atas, tentu tidak mengherankan bila Hong Kong menjadi wilayah yang tepat bagi sebuah perusahaan untuk ingin melebarkan pasar di kawasan Asia, serta mendapat peluang bisnis yang besar di dunia. Anda tertarik menempati kantor di sana?

WHO ARE WE

 

Rani Mekaryanti

Building Relation Officer
(+62 21) 252 0414
(+62) 821 2389 2487
rani@newmanpearsons.com

Newman Pearsons International provides integrated services such as Property advisory, strategic planning, consultation and implementation of marketing and sales, property investment, and property management. We are committed to build a good partnership with all clients as a way to promote our service user satisfaction which will bring us one step ahead in the real estate business

OUR TEAM

null

Romy Taufik Hidayat

Property Consultant

 
null

Debby Angelia

Property Consultant

 
null

Rizki Ardya Garini

Property Consultant

 
null

Aprilia Azhari Dewi

Property Consultant

 
null

Sindi Rahma Erwanti

Property Consultant

 
 
null

Yulia Anggraini Putri

Service and Virtual Office Specialist